Ponsel Premium Tahun Depan Bisa Rekam Video HDR 4K

Smartphone premium yang dirilis tahun depan bisa merekam dan memutar video HDR dengan resolusi 4K.

Qualcomm baru saja merilis prosesor mobile barunya, Snapdragon 855. Selain kemampuan untuk terhubung dengan jaringan 5G, Snapdragon 855 juga memiliki berbagai teknologi baru, seperti 3D Sonic Sensor dan teknologi terkait kamera.


Snapdragon 855 memungkinkan ponsel untuk mengambil dan memutar video HDR dengan resolusi 4K.

Dalam sesi demo dalam acara Tech Summit yang diadakan di Hawaii, Qualcomm menunjukkan bagaimana video yang diambil menggunakan ponsel prototipe dapat menghasilkan video yang tidak hanya terlihat tajam, tapi juga tidak kehilangan detail.

Ketika Anda mengambil video dengan kontras tinggi, bagian yang terang pada video tidak menjadi terlalu terang dan bagian yang lebih gelap tidak menjadi terlalu gelap.

Qualcomm juga mengatakan, mereka dapat menekan daya yang dibutuhkan oleh Snapdragon 855 ketika ponsel digunakan untuk melakukan streaming video. Dengan kata lain, Anda akan bisa menonton video secara streaming dengan lebih lama.

Merekam video HDR dengan resolusi 4K akan memakan memori yang sangat besar. Karena itu, Qualcomm mengadopsi format HEIF (High Efficiency File Format).

Dengan begitu, besar file yang tersimpan akan menjadi jauh lebih kecil. Jika dibandingkan dengan format JPEG atau MP4, video dengan format HEIF akan dapat menghemat kapasitas hingga sebesar 50 persen.

Untungnya, penggunaan file format HEIF tidak akan mengurangi kualitas video. Selain itu, HEIF juga memiliki beberapa kelebihan lain. Misalnya, ia menyimpan data RAW, termasuk kedalaman foto.
Posted in  on 4:54 AM by Ayied Muhammad Riduan |   Edit